Belajar Kehidupan dari Seorang Albert Einstein

  • 0
Halo! Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih karena mau meluangkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel ini. Kali ini, zulkaiser ingin memberikan artikel inspirasi tentang perkataan seorang tokoh ilmuwan yang sangat hebat pada masanya. Ya! Albert Einstein! Ilmuwan yang terkenal dengan rumus E=mc2, teori relativitas, dan fotolistriknya. Seorang Albert Einstein mengubah mindset saya tentang seorang ilmuwan. Dulu, saya mengira bahwa ilmuwan hanyalah segelintir orang jenius yang menemukan teori dan menerapkan teorinya untuk kepentingan tertentu. Saya mengira bahwa ilmuwan tidak memiliki rasa kemanusiaan, empati, simpati karena mereka terlalu fokus dengan ilmu pengetahuan. Tapi, Einstein mengubah cara pandang saya yang salah ini. Ternyata ilmuwan juga seorang manusia.



Lalu, apa yang bisa kita ambil dari sosok Albert Einstein ini? mari kita simak!



Albert Einstein, Lahir di Wuttemberg, Jerman 14 Maret 1879. Meninggal di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat, 18 April 1955. Pada umur 76 Tahun. Dia adalah fisikawan terbesar abad-20.

Apa yang special dari seorang Einstein ini? dia adalah sosok yang banyak menemukan teori fisika dasar yang kedepannya digunakan untuk penemuan-penemuan besar manusia. Konon, volume otaknya pun lebih besar daripada otak manusia biasa.

Ternyata dibalik kejeniusannya, dia menyimpan 'pikiran' tentang kehidupan di masanya dan masa yang akan datang. Banyak kata-kata dari dia yang inspiratif dan menyadarkan manusia di bumi ini. Nah! Zulkaiser ingin memberikan tafsiran perspektif tentang kata-kata yang pernah beliau ucapkan.

1. 

Mengikuti rasa ingin tahu yang tinggi, kemudian semangat dalam mencari tahu adalah kunci dari ilmuwan untuk menemukan sesuatu yang baru. Terkadang kita pun juga salah persepsi tentang orang yang sukses karena bakat. Tahu apa yang special dari orang yang sukses karena bakatnya? Bakat mereka adalah rasa ingin tahu mereka dan mereka menekuninya hingga mereka menjadi ahli dalam hal tersebut. Orang yang memiliki bakat suara bagus namun tidak menekuninya, ya sia-sia. Kuncinya ada pada ketekunan menjalani bidang tersebut. 

2.

Ada pepatah lain tentang hal ini. "Kita tidak bisa mengejar 2 kelinci sekaligus dalam waktu yang sama". Multitasking mungkin memang sesuatu yang hebat pada smartphone, tapi multitasking di kehidupan terkadang bukanlah sesuatu yang baik. Kita memang mungkin memiliki kesempatan untuk melakukan banyak hal, tapi tidak untuk dilakukan dalam waktu bersamaan. Kita harus memberikan fokus kepada apa yang sedang kita kerjakan, jangan terpengaruh untuk melakukan hal lain walaupun kita mampu. Karena itu jelas mengurangi perhatian pada hal yang pertama kita kerjakan. 

3.

Ini berkaitan dengan poin pertama dan kedua. Jika kita tidak tekun dan tidak fokus akan satu hal, mungkin kita akan kehilangan semangat untuk menjalani hal tersebut. Dalam menjalani sesuatu, pasti akan banyak godaan untuk tidak menjalani hal itu. dan itulah yang harus anda hadapi. Jadi, kita harus tetap fokus dan tekun dengan apa yang kita kerjakan.

4.

Ini favorit saya. Imajinasi adalah kekuatan terbesar yang dimiliki oleh manusia. Lihatlah penemuan-penemuan besar ternyata lahir dari sebuah imajinasi! Imajinasi adalah sesuatu yang tak terbatas, sedangkan Ilmu Pengetahuan adalah hasil dari sebuah imajinasi. Jadi, jika kita mempelajari sebuah Ilmu pengetahuan, mungkin kita hanyalah mempelajari hasil imajinasi dari seseorang. Berimijinasilah setinggi-tingginya. Tapi jangan lupa untuk mewujudkannya.

5.

Ini potret zaman sekarang. Saya mendapat inspirasi dari salah satu iklan rokok. Diceritakan bahwa ada pengusaha yang ingin membangun gedung mewah di sebuah pulau, dia bersama timnya sudah merancang desain dan survey di pulau tersebut. Namun, pengusaha tersebut seketika berubah pikiran ketika melihat seekor anak penyu yang ada di pinggiran pantai pulau tersebut. Akhirnya dia tidak jadi membangun gedung mewah di pulau tersebut, namun membuat konservasi penyu di pulau itu. Dari situ saya berpikir bahwa jika pengusaha tersebut membangun gedung mewah disitu, maka bisa dikatakan dia sukses dan akan kaya. Namun, dia memilih untuk membuat konservasi penyu. Dia mengutamakan sebuah nilai ketimbang kesuksesan. Bisa kita bilang dia adalah pengusaha yang bernilai.

6.

Boleh dibilang ini klise. Tapi ini sangatlah penting! Saya berani berasumsi bahwa salah satu syarat untuk berhasil adalah pernah mencoba kesalahan atau gagal. Kita tidak akan pernah tahu rasa manis kalo tidak tahu apa itu pahit, tidak akan tahu apa itu sehat kalo tidak tahu sakit. Sama seperti hidup ini, kita harus mencicipi kesalahan-kesalahan. Tidak ada cara instan untuk berhasil. 

7.

Berharap hasil yang beda dengan cara yang sama? Think twice! Kalau anda gagal dengan cara A, coba cara B, jika masih gagal, coba cara C. Masih banyak cara untuk menyelesaikan sesuatu. Namun perlu diingat juga bahwa ada sesuatu yang tidak bisa kita selesaikan. Semua orang punya pandangan sendiri akan hal ini. 

8.

This! Jangan terlalu banyak memikirkan masa depan! pikirkan apa yang harus anda lakukan sekarang. Masa depan akan selalu datang. Karena waktu akan selalu bergerak maju. Anda tidak bisa mengubah apa yang terjadi kemarin, tapi anda bisa mengubah apa yang akan anda lakukan hari ini untuk masa depan anda. 

9. 

Ilmu pengetahuan itu berasal dari pengalaman anda sendiri. Di buku pelajaran sekolah terdapat informasi tentang berbagai hal. Itu berasal dari pengalaman seseorang bukan? sehingga itu menjadi sebuah informasi. Jadi, apa yang anda pelajari dari sebuah informasi bukanlah ilmu pengetahuan, melainkan pengalaman seseorang. Jika anda ingin tahu ilmu pengetahuan, buatlah pengalaman anda sendiri. 

10.

Instead of I hate the rules, ini adalah sesuatu yang sangat bijak. Sebuah peraturan kadang kita lupa untuk mempelajarinya. Sehingga ditengah jalan terkadang kita menjadi tidak sesuai aturan. Karena tidak sesuai dengan peraturan kita pun mendapat kerugian. Jadi, jangan lupa mempelajari aturan di kehidupan ini, lalu mainkan peranmu untuk menjadi yang terbaik. 

Itulah kata-kata Albert Einstein yang sangat hebat. Banyak makna tersirat tentang kehidupan dari kata-kata tersebut. Itu yang bisa kita teladani dari seorang Albert Einstein. 

Semoga Bermanfaat! - ZK

Tidak ada komentar :

Posting Komentar